PRAKTIKUM BK KARIR

Banyak orang yang tidak dapat meraih apa yang dicita-citakan atau diinginkannya. Kalau begitu, apakah sulit untuk meraih kesuksesan? Aziz Bachtiar dalam bukunya yang berjudul Sukses Ala Remaja dalam Studi, Karier, dan Hidup mengungkapkan rahasia-rahasia untuk meraih kesuksesan. Menurutnya, remaja akan mampu meraih kesuksesan, baik dalam studi, karier, maupun hidup, bila memegang lima prinsip hidup sebagai berikut:

  1. Acting smart and efficient (Bertindak Cerdas dan Efisien)

Seabagai remaja yang ingin sukses, dalam mengerjakan sesuatu kita dituntut untuk bisa bertindak cerdas dan efisien. Maksudnya, kita harus bisa membaca, mengahdapi, menguasai, dan mengendalikan suatu keadaan secara tepat guna atau sesuai dengan kondisi dan situasi yang dihadapi tanpa harus banyak mengeluarkan energi, waktu, dan biaya. Misalnya, kita mengenali salah satu guru mata pelajaran tertentu suka memberikan ujian secara mendadak. Oleh karena itu, setiap ada jam pelajaran tersebut, kita harus sudah mempersiapkan diri sebelumnya agar selalu mendapa nilai yang baik.

Hal yang pertama kali harus kita ketahui adalah menetapkan tujuan hidup atau apa yang kita inginkan dengan jelas. Jika kita telah mengetahui tujuan hidup atau apa yang kita inginkan, kita dapat menentukan langkah dan perilaku apa yang akan kita lakukan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Kemudian, berusahalah menggapai setiap tujuan hidup kita dengan segala potensi yang kita miliki dan meminimalkan segala kekurangan yang ada. Misalnya, jika kita ingin menjadi pengusaha sukses, kita dapat menyusun langkah untuk mencapai cita-cita tersebut dengan banyak belajar ilmu ekonomi dan matematika. Kita juga perlu berusaha untuk mewujudkannya dengan merintis usaha dari sekarang, seperti berjualan di sekolah dan ikut kegiatn bazaar.

Setelah menetapkan tujuan, tugas kita selanjutnya hanyalah berusaha dengan segenap potensi dan kemampuan yang dimiliki. Adapun hasil dari apa yang kita usahakan tidak boleh membuat kita putus asa karena gagal atau sombong karena berhasil.

  1. Have a great dream and imagination (Punya Mimpi dan Imajinasi yang Besar)

Sebuah motivasi bagi kita untuk tidak takut memiliki cita-cita dan harapan yang besar pernah diutarakan seorang tokoh terkenal di Mesir, Hasan Al-Banna. Ia mengatakan bahwa mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok. Bill Gates adalah orang terkaya di dunia. Ia mengawali kesuksesannya dalam bidang teknologi informasi dengan mimpi dan imajinasi yang disertai dengan kemauan besar. Oleh karena itu, BERMIMPILAH! Mengapa? Karena dengan bermimpi, kita akan punya imajinasi untuk mewujudkannya. Tentu saja, imajinasi yang dimaksud di sini adalah imajinasi yang kreatif dan disertai dengan kemauan dan usaha yang keras untuk mewujudkannya.

  1. No sex before married (Tidak melakukan Hubungan Seks sebelum Menikah)

Seks pranikah dapat dikatakan seks bebas karena dilakukan di luar pernikahan. Seks bebas merupakan musuh utama kesuksesan remaja. Hal tersebut hanya akan menimbulkan permasalahan-permasalahn yang pelik, mulai masalah keperawanan, kehamilan, cibiran masyarakat, pengucilan, pencorengan nama baik keluarga, hingga dosa pada Tuhan.

Seks bebas atau hubungan seks pranikah memberikan dampak yang buruk bagi pelakunya, keluarga, dan lingkungan sekitar. Pada diri remaja, menurut Aziz Bachtiar, dampak seks bebas dapat dilihat dari segi fisik, psikis, dan sosial remaja.

  1. Juvenile delinquency, no! (Kenakalan Remaja, Jangan!)

Kalau ingin sukses, remaja harus mau menghindarkan dirinya dari tindakan atau perilaku negatif seperti kenakalan remaja. Perilaku negatif yang termasuk kenakalan remaja, antara lain merusak barang milik orang lain, merusak fasilitas umum, kabur dari rumah, menyakiti orang lain secara fisik, mencuri, dan lain sebagainya.

Kenakalan remaja dapat dilihat dari dua pemahaman.Pertama, kenakalan konstruktif (membangun), yakni kenakalan yang terwujud sebagi ekspresi kondisi kejiwaan remaja yang masih labil dan bersifat spontanitas. Kenakalan ini tidak terpengaruh dari luar diri dan lingkungan. Kenakalan ini akan membantu perkembangan jiwa dan menghasilkan sesuatu yang positif. Misalnya, seorang anak yang tahu apa arti kenakalannya sebagai pengalaman yang tidak akan pernah mau ia ulangi kembali.

Kedua, kenakalan destruktif (merusak), yakni kenakalan yang terwujud dari ekspresi kondisi kejiwaan remaja yang masih labil. Kenakalan jenis ini dipengaruhi oleh lingkungan atau faktor yang berada di luar dirinya sendiri yang menimbulkan efek merusak dan mengganggu ketenangan masyarakat di lingkungannya.

Faktor penyebab kenakalan remaja, menurut Aziz Bachtiar dapat bersumber dari orangtua, sekolah, lingkungan, kemiskinan, benturan budaya, kondisi fisik dan mental yang tidak sempurna, ketiadaan figur yang baik, penggunaan waktu luang, serta faktor uang.

  1. Say no to drugs! (Katakan Tidak pada Narkoba!)

Siapapun dapat terkena narkoba. Tidak peduli golongan, usia, jenis kelamin, atau lainnya. Oleh sebab itu, kita harus wwaspada dalam segala hal. Remaja yang ingin sukses harus menjauhkan diri dari narkoba. Mengapa? Sebab bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian narkoba sangat besar.

Menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, narkoba adalah bahan-bahan berbahaya berupa zat kimiawi ataupun alamiah yang jika dimasukkan ke dalam tubuh, baik secara oral (dimakan, diminum, atau ditelan), dihisap, dihirup ataupun disuntikkan dapat mengubah pikiran, suasana hati, perasaan, dan perilaku seseorang.

BKKBN mengatakan ada beberapa dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba, yang meliputi dampak fisik, psikologis, dan sosial. Selain itu narkoba juga dapat berakibat fatal bagi kesehatan alat reproduksi serta dapat menyebabkan penyakit menular seksual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s